Rabu, 28 Maret 2012

FOKUS: Tua-Tua Keladi, Alessandro Del Piero Makin Menjadi

Kapten Juventus tersebut masuk sebagai pemain pengganti untuk membantu tim mengalahkan Inter. Sekarang perlu pertimbangan serius apakah Juventus perlu memperpanjang kontraknya.


Setelah menyegarkan diri dan ganti pakaian, Alessandro Del Piero langsung melakukan wawancara untuk berbagai media Italia. Dia mengatakan hasil pertandingan yang paling diutamakan, dan mengungkapkan betapa penting kemenangan dalam laga derby d'Italia. Dia berterima kasih kepada semua orang yang memuji performanya. Dia tetap profesional hingga akhir. 

Dia bisa saja menyindir Antonio Conte dan presiden Juventus Andrea Agnelli, tetapi dia telah melakukan hal tersebut di atas lapangan. Bermain selama 40 menit, Del Piero mampu mencetak satu gol dan membuat ancaman serius di lini pertahanan Inter, dan itu menunjukkan bahwa dirinya masih layak untuk mendapatkan perpanjangan kontrak selama satu tahun di Turin.

Ketika Del Piero masuk ke lapangan pada menit ke-53, Kedua tim masih bermain imbang tanpa gol. Inter tampak mulai bangkit dan berbahaya sejak babak kedua dimulai, terutama melalui Diego Milito. Tetapi semuanya kemudian berubah.


Conte mengubah sistem menjadi 3-5-2, di mana Alessandro Matri dan Simone Pepe dikeluarkan, dengan Leonardo Bonucci masuk beberapa saat kemudian. Dan dalam waktu empat menit, ketika bek Inter masih menyesuaikan diri dengan adanya ancaman tambahan di udara melalui Bonucci, Martin Caceres berhasil memanfaatkan kelengahan Inter dan berhasil mencetak gol memanfaatkan tendangan penjuru Andrea Pirlo.
Kemudian Del Piero. Sebagai tim yang belum terkalahkan, Juve perlu mengubur rival terbesar mereka sekaligus menempel tim pemuncak klasemen AC Milan. Dan Del Piero yang memimpin Juve untuk itu.

Pada menit ke-71, Arturo Vidal menguasai bola di daerah pertahanan Inter. Dia memberi umpan kepada Del Piero yang dapat menerimanya dengan sempurna. Kapten Juve tersebut berlari ke ruang kosong tanpa kawalan dan menyambut umpan Vidal dengan tembakan yang tidak dapat diantisipasi oleh Julio Cesar. Pertandingan pun 'berakhir'.

Gol tersebut adalah gol pertama Del Piero di Serie A Italia musim ini, tetapi itu adalah gol keduanya dalam lima hari, menyusul golnya ke gawang AC Milan dalam laga semi-final leg kedua Coppa Italia. Itu semua tampak sebagai pengingat bahwa dia masih layak dipertahankan. Di klub yang sangat dia cintai, talentanya masih dibutuhkan.

Dia mungkin berusia 37 tahun, tetapi seperti Javier Zanetti yang kini berusia 38 tahun, mereka memiliki sesuatu yang tidak dapat diberikan pemain muda. Ya, mungkin Del Piero sangat berbeda dengan pemain asal Argentina tersebut, dan itu mungkin hanya performa gemilang yang singkat, tetapi kecenderungan Conte untuk mengabaikan sang kapten ketika Juve membutuhkan 'sesuatu yang lebih' membuat Juve sedikit terhambat musim ini.
Agnelli merayakan kemenangan atas Inter | Waktunya berpikir ulang mengenai masa depan Del Piero?

Tidak sejak menjadi starter menghadapi Novara di bulan Desember, Del Piero diberikan kepercayaan untuk tampil 'lama' di laga Serie A, tetapi dia membuktikan di paruh kedua bahwa dia masih menjadi bintang pertandingan, mengingat jumlah gol yang dicetak oleh barisan depan Juve musim ini. Striker Juventus membutuhkan sosok Del Piero yang mampu menghadirkan gol-gol penting, tetapi dia terlalu sedikit diberikan kesempatan untuk berkontribusi.
Tetapi apa Del Piero sekarang? Sudah lebih dari lima bulan sejak Agnelli mengumumkan bahwa tahun ini adalah tahun terakhir Del Piero di Turin, tetapi dalam lima hari ia dan Conte harus berpikir ulang. Pemain baru dapat didatangkan musim panas ini, dan memperpanjang kontrak Del Piero selama 12 bulan tampak berlebihan, tetapi mengapa harus mengambil resiko? Ketika Mirko Vucinic datang di awal musim, banyak pihak yang menilai Del Piero akan segera terlupakan. Tetapi tidak. Dan dengan pemain-pemain baru lain seperti Marco Borriello dan Matri, telah sedikit mengikis status Del Piero di klub, siapa yang mengatakan bahwa Juve tidak mampu berada di posisi yang sama musim depan?
Mempertahankan Del Piero di klub akan membuat klub sedikit mengalami kerugian (dalam hal finansial), tetapi Juve akan sangat kehilangan bila melepasnya. Sikap, semangat, dan profesionalitasnya tidak akan tampak lagi, tetapi yang paling utama, begitu juga dengan kemampuannya untuk mencetak gol penting. Ini adalah waktu untuk Agnelli dan Conte kembali mengundang Alex berdiskusi.

Beberapa pekan terakhir telah mengingatkan kembali siapa Alessandro Del Piero dan apa yang dapat ia hasilkan. Sekarang perhatian utama jatuh pada keputusan Juventus, apakah mereka masih mempertahankannya. Apakah mereka secara jantan mengakui bahwa mereka salah?  



 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Feed facebook twitter bookmark G+ textgeneratorfb